kalibuik

Just another WordPress.com weblog

Album terbaik Dream Theater

on May 24, 2009

Nama Dream Theater (DT) sangat akrab dengan satu hal, musikalitas tingkat tinggi. Ya, grup progressive metal ini memang dikenal dengan reputasi bermain musik dengan teknik tinggi. Hal itu bisa dibuktikan dalam sembilan album yang sudah mereka rilis. Kini mereka siap show off lagi.

DT akan mengeluarkan album berjudul Black Clouds & Silver Linings. Rilisan tersebut adalah materi kedua band ini bersama Roadrunner Records. Yang pertama berjudul Systematic Chaos pada 2007.

Pihak Roadrunner akan merilis album Black Clouds & Silver Linings pada 23 Juni 2009. Album itu akan berisi enam buah lagu. Akan ada beberapa versi selain versi standar.

Album baru tersebut juga akan tersedia dalam bentuk vinyl LP. Juga akan ada tiga disc special edition CD yang berisi full album, CD instrumental mix, dan CD berisi enam lagu cover version. Selama enam minggu sebelum perilisan, Roadrunner Records akan mengeluarkan sebuah single cover version per minggunya.

Album ini diproduseri Mike Portnoy dan John Petrucci. Sementara itu, Paul Northfield bertanggung jawab atas studio mixing. Mike Portnoy, sang drumer sekaligus produser, mendeskripsikan dan mengibaratkan album ini sebagai gabungan yang terbaik.

“Album ini seperti A Change of Seasons, Octavarium, Learning to Live, Pull Me Under, dan The Glass Prison yang digabung dalam satu album. Coba bayangkan!” jelas Portnoy.

Sang keyboardist, Jordan Rudess, juga menambahkan, “Kami telah memasukkan sedikit unsur gotik ke dalam album ini. Nggak ada yang sangat-sangat kuat dan bernada cool choir.

Album itu dibuka dengan single A Nightmare to Remember. Sebuah pembukaan dengan dentingan piano yang gelap dan “mengerikan”. Lagu ini termasuk single pembuka yang memikat dan menuntun kita menuju petualangan musikal mengasyikkan.

Kemudian, kita digiring menuju single A Rite Of Passage yang sepanjang 8,5 menit. Lagu ini memang berdurasi panjang. Single dengan vokal menggeram itu berpotensi membuat para fans semakin memuja DT.

Setelah diajak menggeram, kita ditenangkan single Ballad Wither. Wither adalah single “peristirahatan” dengan lima menit lagu ballad dengan alunan harmoninya. Kemudian, kita akan dibawa berjingkrak-jingkrak dengan lagu riang sepanjang 12 menit, The Shattered Fortress.

Untuk single pemungkas, ada The Count of Tuscany. Single monster ini adalah epic track sepanjang 19 menit dan menjadi puncak petualangan musikal sesungguhnya. Secara keseluruhan, album ini merupakan materi paling keren dan paling balanced di antara album yang lain.

Profil Band

John Myung

Bassist, Chapman stick (1985-sekarang)

Pria berdarah korea ini termasuk salah satu pendiri Dream Theater. Dia sudah memainkan biola mulai umur lima tahun dan bass sejak usia 15 tahun.

John Petrucci

Gitaris, Backing vocal (1985-sekarang)

Nama John Petrucci bisa dibilang sebagai pentolan dari Dream Theater. Dia sudah mamainkan gitar sejak umur delapan tahun. Petrucci juga sedang mendalami ilmu psikologi.

James LaBrie

Vokalis (1991-sekarang)

Vokalis asal Kanada ini masuk Dream Theater melalui sistem audisi. Dia mengetahui Dream Theater membutuhkan vokalis dari sebuah iklan di supermarket. LaBrie menyisihkan 200 orang dalam audisi itu.

Jordan Rudess

Keyboards, Continuum, Lap steel gitar (1999-sekarang)

Rudess adalah anggota “termuda” yang bergabung dengan Dream Theater. Sejak usia sembilan tahun, dirinya sudah mengikuti les di beberapa sekolah musik.

Mike Portnoy

mer, Percussionist, Backing vocals (1985-sekarang)

Hingga sekarang, Portnoy sudah berhasil mendapatkan penghargaan sebanyak 23 buah atas prestasinya dalam bermusik.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: